Sunday, December 2, 2018

Langkah Mudah Mengatasi Tangan Kasar dan Pecah-Pecah

Penyebab umum dari tangan kasar adalah kegiatan yang sering bersentuhan langsung dengan kandungan detergent. Kehidupan sehari-hari kita memang tidak bisa sepenuhnya lepas dari detergent. Pasalnya hampir semua cairan yang kita gunakan mengandung detergent. Seperti sabun mandi,sabun cuci piring,bahkan shampoo sekaligus. Dampak dari penggunaan detergent ini adalah kulit yang kering dan pecah-pecah. Terutama pada daerah tangan. Tidak hanya kering saja,tetapi bisa merusak kutikula dan membuat kuku mudah patah. Pada postingan kali ini,aku akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya mengatasi kulit tangan yang kering.  

1. Kurangi Sabun Dengan Detergent Tinggi

Source: Google


Detergent digunakan untuk menghasilkan busa pada sabun. Sayangnya,kandungan detergent ini dapat membuat kulit kering. Agar kulit tidak mudah kering,gunakan sabun dengan kandungan detergent yang relatif rendah. Biasanya,sudah tertera pada kemasan bahwa sabun memiliki kandungan detergent rendah atau bebas detergent. Cara mudah mengetahui kandungan sabun yang memiliki detergent atau tidak adalah,sabun yang meliki kandungan detergent tinggi cenderung menghasilkan busa yang melimpah dan meninggalkan rasa keset pada kulit. Sedangkan,sabun yang mengandung sedikit detergent menghasilkan busa yang sedikit bahkan tidak ada sama sekali dan tidak membuat kulit terasa kering.

2. Gunakan Hand Cream 

Source: Google


Cream tangan biasanya di formulasikan khusus untuk kulit area tangan dengan formulasi melembapkan yang ringan dan mudah meresap. Tidak hanya untuk melembapkan saja,beberapa hand cream dapat sekaligus merawat kutikula dan kuku. Biasanya,beberapa body lotion juga dapat dijadikan sebagai hand cream sekaligus. Gunakan hand cream setelah aktivitas rumah seperti cuci piring,keramas,dsb. Penggunaan hand cream secara rutin dapat melembapkan dan merawat area kuku. Untuk kulit yang kering,sebaiknya pilih hand cream dengan kandungan shea butter atau almond. Dua kandungan ini memiliki kelembapan yang tinggi dan dapat menutrisi kulit. Hand cream ini juga membantu untuk menghilangkan bau pada tangan loh. 

3. Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi minimal satu kali dalam seminggu sekali untuk mengangkat kulit mati. Selain itu,eksfoliasi juga dapat membantu untuk membuat kulit tangan terlihat lebih halus. 

4. Gunakan Sarung Tangan
Source: Google

Di beberapa negara,menggunakan sarung tangan saat mencuci piring adalah hal yang wajar. Apalagi di restoran besar. Karena selain alasan kebersihan,sabun tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Sehingga tidak membuat tangan mudah kering atau pecah-pecah akibat detergent pada sabun cuci piring. Mungkin kalau kalian ada alergi dengan kandungan detergent,bisa menggunakan sarung tangan untuk mengurangi resiko tangan kasar. 


Bagaimana? mudah bukan. Selama bisa melakukan tiga langkah rutin itu tangan kasar bisa teratasi dengan mudah. Bagaimana cara kalian untuk menangani tangan kasar? 

No comments :

Post a Comment

Back to Top