Wednesday, January 31, 2018

Laneige Lip Sleeping Mask Mini Size Ada Yang Palsu ?

Halo semua! Sebelum aku menulis postingan ini,aku mau menegaskan kepada para pembaca semua bahwa posisi aku sebagai buyer dan teman aku sebagai reseller adalah korban. Tentunya mengikuti kode etik menulis, aku memutuskan untuk tidak menyebut online shop yang bersangkutan secara jelas maupun inisial. Hal ini semata-mata aku tulis agar lebih berhati-hati untuk membeli kosmetik seccara online walaupun dari seller besar sekalipun.

Ok sekarang mari kita mulai ya....



Laneige lip sleeping mask ini salah satu lip treatment terbaik yang mampu mengatasi permasalahan pada bibir, terutama untuk bibir kering. Banyak sekali review positif yang aku baca dari indo maupun luar. Akhirnya,aku memutuskan untuk membeli trial size nya dulu dengan harga kurang lebih IDR 50.000. Aku lupa harga pastinya berapa yang jelas masih sekitar 50 ribuan kebawah. Waktu itu aku beli di @mai_shop via shopee. Toko ini sudah jadi langganan aku untuk beli kosmetik branded. Jadi aku selalu percaya dengan barang yang mereka jual. Singkat cerita,barang sudah sampai dan aku langsung pakai sebelum tidur. Ada beberapa point yang harus di garis bawahi ketika pertama kali pakai ini...

  1. Tercium aroma berry yang cenderung asam-manis. Aroma langsung tercium ketika tutup produk dibuka. 
  2. Teksturnya seperti pudding dan tidak terlalu balmy.  Ketika di ambil dengan menggunakan jari,produk akan melt tapi masih padat. Hampir mirip tekstur lip balm the body shop yang born lippy. 

Setelah pakai ini sampai habis,aku merasakan perubahan yang baik pada bibir aku. Akhirnya aku memutuskan untuk repurchase lagi. Kebetulan salah satu teman dekatku menjual ini dan ready stock. Harganya pun masih masuk akal yaitu IDR 45.000. Aku pikir daripada menunggu lama aku beli saja di tempat teman aku untuk sementara. Basa basi dan sampai ke tahap payment semuanya berjalan lancar. Sampai akhirnya aku menerima barang yang aku pesan. Ketika produk sampai di tangan,aku sedikit merasa curiga. Feel nya agak berbeda dengan yang pertama aku beli. Tapi aku gak mau berprasangka dulu. Siapa tau karena produk baru aku belum terbiasa. Dan pas aku buka tutupnya,feeling aku tambah gak enak. Dari puterannya agak berbeda rasanya,gak seperti kemasan mahal atau lux gitu. Gak ada aroma khas yang aku tulis di point atas. Aromanya berbeda dari yang aku tau. Tidak ada aroma berry sama sekali. Lagi-lagi aku gak mau menuduh terlalu cepat karena bisa jadi ini pengaruh dari cara penyimpanan. Akhirnya aku coba untuk memakai produknya. Pas jariku menyentuh produk,batinku langsung gak enak. Teksturnya jauh lebih cair dan lengket dari biasanya seperti meleleh. Kebiasaan aku setelah pakai lip balm adalah meggosok jari ke baju (i know this is disgusting) dan biasanya aku menggunakan produk ini tidak lengket dan hilang ketika di gosokkan ke kain. Tapi pas aku coba lap ke kain baju,produk sangat lengket dan tidak langsung hilang di jari. Akhirnya aku coba teliti lagi dengan kemasan aku yang asli. syukurnya belum aku buang. Dan ini lah beberapa hal yang aku temukan....



  1. Terdapat perbedaan pada tutup kemasan. Gerigi tutup pada kemasan asli lebih rapi agak sedikit kecil dan letaknya sedikit kebawah. Puterannya pun berbeda.
  2. Jika dilihat lebih teliti lagi, terdapat perbedaan pada font Lip Sleeping Mask. Perhatikan huruf e dan m nya. Yang asli e lebih kecil dan huruf m lebih bersudut. Sedangkan yang satunya agak memanjang dan lebih besar. Letaknya pun berbeda. 
  3. Pada bagian description yang asli font tidak mudah hilang walaupun kena kuku sekalipun. Font yang digunakan tidak bold dan rapi. Sedangkan yang satunya sangat mudah hilang apabila kena gesekan dan print tidak rapi serta font lebih bold. 
  4. Font exp date pada bagian bawah tidak sama dan tidak rapi. Tinta sedikit bleber dan tidak tercetak jelas. 
Setelah menemukan beberapa kejanggalan,akhirnya aku coba untuk menghubungi teman aku tadi dengan penjelasan yang jelas. Dan dia pun bersedia untuk menukar dengan yang baru. Akhirnya besok aku ke rumahnya dan membawa produk yang aku beli pertama dan yang kedua sebagai perbandingan dan bukti. Singkat cerita,aku dapat produk baru yang diduga asli. Tapi lagi-lagi aku menemukan kejanggalan yang semakin meyakinkan lagi....oke here we go



  1. Bentuk tutup berbeda dari yang pertama dan kedua. Yang ketiga gerigi tutupnya lebih renggan dan seperti ombak. 
  2. Letak tulisan Lip Sleeping Mask yang berbeda.
  3. Terdapat aroma yang lebih lembut tapi tidak se segar yang asli
  4. Sekilas teksturnya lebih padat,tapi mudah meleleh dan agak lengket 

Okay...akhirnya aku coba lebih teliti lagi dan melihat dari font description tidak ada bedanya dengan yang asli. Bahkan sama-sama kuat tidak mudah terkelupas. Tapi ketika aku jejerkan bagian bawahnya...BOOM. Aku menemukan perbedaan lagi pada bagian font exp date dan warna kemasan. Agak aneh bukan,untuk brand besar seperti laneige tidak memiliki quality control yang detail dalam urusan kemasan,ya walaupun itu hanya ukuran trial size. Bahkan setiap kemasan tidak konsisten dari segi font,tutup,letak tulisan bahkan formulanya. Apalagi aku sangat jarang mendengar kabar tentang produk laneige tiruan. Padahal temen aku ini beli di seller yang cukup besar dan ternama. Bahkan ada temen aku sudah ada yang pernah beli beberapa produk disitu dan mereka bilang aman. Dan agar lebih lengkap lagi aku akan membuat point perbandingan dari ketiganya.


  1. Sekilas kemasan terlihat sama. Tapi apabila dilihat lebih teliti lagi warna kemasan yang asli lebih soft dan glossy. Warna pink nya khas dan mungkin ini yang membuat para oknum kesulitan untuk meniru. Sedangkan produk tiruan warnanya lebih tebal dan glossy kemasan tidak halus. 
  2. Bagian tutupnya tidak konsisten antara satu sama lain. Pada kemasan yang asli,terdapat gerigi kecil yang letaknya agak kebawah. Jumlah putarannya pun tidak banyak. Sedangkan yang tiruan berbeda-beda ada yang geriginya besar,berbentuk ombak dan letaknya pun berbeda. 
  3. Untuk meyakinkan lagi,bagian dalam tutup yang asli tidak glossy dan dove. Lingkaran dalamnya agak luas dan nomor seri font nya rapi dan hanya ada 3 dikit pada bagian tengah. Sedangkan yang tiruan bagian dalam tutupnya glossy dan trasnparan. Tiap tutup memiliki font nomor seri yang tidak sama dan letak yang berbeda-beda. Puterannya pun lebih kasar dan menonjol
  4. Font pada tulisan Lip Sleeping Mask berbeda satu sama lain. kalo ini memang harus di lihat dari dekat baru keliatan. Bahkan letaknya pun berbeda-beda. 
  5. Bagian description belakang tidak konsisten. Yang asli di tulis dengan font yang rapi,tidak bold dan agak slim. Sedangkan yang tiruan font lebih bold,agak berantakan dan mudah hilang apabila kena gesekan. 
  6. Tidak ada aroma berry asam manis yang keras. Aromanya cenderung berbeda-beda. Lip sleeping mask yang asli memiliki aroma berry asam yang sangat kuat dan tidak mudah hilang. Sedangkan yang tiruan memiliki aroma yang cenderung manis dan tidak konsisten. Aroma pada barang tiruan sangat mudah hilang apabila terkena suhu udara. 
  7. Tekstur asli lip sleeping mask seperti balm agak padat dan akan melt ketika di aplikasikan. Tapi tidak mudah meleleh sampai cair. Warnanya agak transparan dan ketika di aplikasikan dibibir lebih glossy seperti memakai lip balm the body shop. Ketika di pakai pun aromanya masih tercium. Sedangkan tiruan sangat basah dan rasa berminyak. Tidak ada tercium aroma sama sekali. 

Kira-kira itu point penting yang aku bisa jadikan acuan. Selama masa pemakaian aku gak tau berdampak apa. Karena waktu aku menemukan beberapa kejanggalan,aku langsung menghapus produk dari bibir aku pada saat itu juga.
Ok sekarang coba kita telaah lagi...Mungkin untuk ukuran trial size yang kecil-kecil ini semakin memudahkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memasukkan produk tiruan. Terutama untuk seller yang membeli dalam jumlah yang sangat banyak. Gak heran kalo seller mungkin kecolongan. Selain itu juga,harga produk yang berukuran trial ini jauh lebih murah dibandingkan full size. Sehingga semakin memudahkan para oknum untuk berbuat jahat. Berbeda dengan kemasan besar. Agak sedikit susah untuk di palsukan karena akan sangat terlihat jelas perbedaannya dari segi harga maupun kemasan. Jadi untuk teman-teman sekalian ada baiknya membeli trial size korea di online shop yang tidak memiliki stock dalam jumlah banyak. Hanya berjaga-jaga agar kejadian ini tdak terulang lagi. 

47 comments :

  1. duh ngeri banget, makanya aku paling takut beli sampel huhu
    thx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fuji


      Iya hahah ngeri deh soalnya sample size gini lebih gampang di palsukan daripada full sizenya.
      Thanks for reading :)

      Delete
    2. Boleh saran ga kak kalo beli yang asli dimana ?
      Iya soalnya kalo di online shop kadang tergiur harganya

      Delete
    3. Alhamdulillah punya ku baru aja mendarat dg selamat setelah aku cek .. original..thanks kakak pencerahannya..

      Delete
  2. ternyata ada yang palsunya ya serem banget.... makasih infonya kak, emang paling bene sih beli di konter aja biar aman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Uni

      Menurutku balik lagi ke kita nya aja. Mau beli online atau konter juga harus bisa memilah. Kadang kaalo kita gak teliti bisa kena zonk juga belanja di counter. Misalnya,tanggal exp yg sudah lewat atau mungkin ada cacat dikemasan.
      Thanks for reading :)

      Delete
  3. Jujur aku mau pernah mau beli kemasan sample ini gajadi krn takut palsu. Eh ternyata emang ada yg malsuin huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Erny

      Iya kak apalagi sample gini kecil paling gampang buat di palsuiin oknum jahat hahah. Lebih baik memang beli full size nya kak. Toh sudah terbukti kalo memang bagus hihihi. Gak nyesel kok

      Delete
  4. Ya ampun udah ada fake nya juga. Padahal yang mini size nya aja udah murah, masih aja dipalsuin :(

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rani

      Iya karena ukuran kecil dan harganya murahlah bisa di palsuiin. Beda sama yang full size. Kalo fuull size pasti lebih keliatan mana yang fake dan real.
      Thanks for reading :)

      Delete
  5. aku juga termasuk yg suka beli sample size ketimbang beli yg full size. eh setelah tau yg sample size ada yg palsuin jadi berpikiran mending beli yg full size aja..ngeri-ngeri yaa >.<

    waynblog.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Niwayan

      Iya serem kan. Padahal itu size kecil loh masih aja ada celah buat di palsukan. Memang kalo beli full size takut gak cocok. Tapi setidaknya kalo gak cocok masih bisa di preloved dengan jaminan asli.

      Thanks for reading :)

      Delete
  6. Wah makasi mbak atas infonya, sayang ak dapat yg palsu untuk ukuran mini sizenya 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rei

      Wah sayang sekali ya :( semoga gak banyak deh kasus kayak kita huhu

      Delete
    2. Iya mbak, mana kmren belinya 3 biji 😅

      Delete
  7. Bagi info dong olshop langganannya dimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...untuk online shop langganan bisa baca disini ya http://lylsabine.blogspot.com/2017/09/5-rekomendasi-online-shop-terpercaya.html

      Delete
  8. hampir aja mau beli kemasan trial kit krn tergiur harga. sebenernya agak ragu dan kebeneran bgt nemu blog ini, jadi semakin ragu. akhirnya mantap ga jadi beli. �� padahal pengen banget... masalahnya di official storenya stoknya lagi kosong ��

    ReplyDelete
  9. kak , semua produk laneige yang kaka promosiin itu semuanya palsu dan ga ada yang original . yang original itu tidak seperti itu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...boleh di perjelas produk mana yang kamu maksud palsu? karena postingan ini bukan berisikan promosi dan aku belum pernah promosi produk laneige sebelumnya

      Delete
  10. Haduh untung baca2 dulu sebelum beli. Bahaya banget kalo sampe dpt yg palsu, kasian bibirnya. Thanks for info

    ReplyDelete
  11. Kak mau tanya donk, kalo yang asli, pada saat kita pake tangan, trus tangan kita cuci rasanya gimana?aku baru beli nich, ak gk tw asli ato gk, tp yg pasti pas ak cuci tangan, gk mo ilang cuma dengan air aj..udah pakai sabun juga gitu, smpe harus berkali" baru mau ilang ditangan..apakah yg asli gitu kak?mohon advice nya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku yg asli tu cuman di lap aja udah ilang kak gak lengket... aku dapet bonus trial kit lip sleeping dr official laneige di sociolla...

      Delete
  12. wah ternyata malah yg sample size gampang dipalsuin yaa, padahal kalo beli yg full size langsung jg aku takut krn takut ga cocok padahal udah beli mahal, ada saran nggak ya kira2 seller yg trusted terutama di shopee itu seller mana?

    ReplyDelete
  13. hai kak, mau tanya nih. buat trial kit apakah dijual di counter resmi laneige?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku,trial kit ini biasanya tidak dujual di counter resmi di Indonesia. Biasanya dijadikan bonus setelah pembelanjaan dengan minimum tertentu.

      Delete
  14. kak mau tanya,kan nama olshop dishoppe yg kaka beli lip sleeping mask yg mana ya? soalnya aku gaketemu2 dan takut pas salah beli produk taunya itu produk fake ( TOLONG JAWAB YA )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...untuk online shop bisa kamu baca disini ya. Di situ ada jual laneige lip sleeping mask
      http://lylsabine.blogspot.com/2017/09/5-rekomendasi-online-shop-terpercaya.html

      Delete
  15. Aku biasa beli water sleeping mask di official resminya... dan sejauh ini aku cocok... trus aku pengen rangkaian yg water bank series kalo beli yg full size mahal dong.. aku beli trial kit nya mukaku lgsg bruntusan dalam sekali pakai padahal aku belinya di olshop terpercaya ntah aku yg gak cocok apa produk palsu gtw juga...jd hati2 deh mending beli counter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya reaksi bruntusan tanpa indikasi yang mendukung kalau itu palsu,bisa jadi memang kulit km yang gak cocok. Karena,palsu atau tidaknya suatu produk tidak bisa hanya dilihat dari resultnya saja. Tetapi,perbandingan formula,aroma,kemasan juga menjadi penentu apakah asli atau tidaknya suatu produk.

      Delete
  16. Ini baru mau beli .. sengaja sebelum beli mau cari review dan cari perbedaan antara asli dan palsu juga... tp ternyata bnyak beredar barang palsu .. mau beli jadi ragu .. trimakasih ya Infonya ..

    ReplyDelete
  17. Kalo yang full size nggak ada KW nya? Soalnya kulihat di shopee ada yg harga 45 rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau itu full size atau bukan pasti rentan di palsukan. Sebaiknya,cari perbandingan harga yang masuk akal utnuk setiap ukuran agar terhindar barang palsu.

      Delete
  18. terima kasih infonya..sangat bermanfaat..
    kebetulan bulan lalu beli lagi dan ternyata teksturnya beda sama yg selama ini saya pake T_T sedih bgt dapet barang palsu huhu kalau yg water sleeping mask ada palsunya juga gak ya??

    ReplyDelete
  19. Aku mau tanya mb, di shopee ad tuh yang 20 mg harga awalnya 200 lbh promo jd 60 tapi aku ragu, ktrgan sih dkrim.dr luar apakah kmsan 20mg nya ad bntuk fake juga?

    ReplyDelete
  20. Makasih banyak ya infonya ya allah brati aku ketipu beli yg palsu huhuhu padahal aku udh nya ke olshopnya katanya utu ori krn dia juga make eh taunya di tipu

    ReplyDelete
  21. Aku br beli juga d shopee dan perasaanku sih biasa aja, cmn aku iseng2 searching dan nemu ini. akhirnya aku buru2 hapus lip mask dong aku msh blm bs bedain sih kak :(( duh kyknya pnyaku sih palsu ya. soalnya aku coba usap k tangan terus ku bau lagi, tp baunya cmn nempel bntr hbs itu gaada baunya lg :(((

    ReplyDelete
  22. paket aku baru smpe, pas liat ini aku nyesel beli. awalnya aku punya firasat yg gabagus soal ini. dan ternyata bener...:(

    ReplyDelete
  23. Aku baru kemaren laneigenya
    Iseng iseng search eh nemu blog ini & aku cocokin sama trial kit yg kemaren aku beli. Alhamdulillah asli. Udah lama pengen beli ini di olshop tapi mikir 100x takut ketipu. Sempet mikir juga pengen beli yg besar tapi mahal cyinn. Haha ini aku beli sekitar 70rban

    ReplyDelete
  24. Waktu cici ku ke korea ak titip laneige dy beli di counter, tulisan laneigenya ak gosok2 ga ilang yg palsu cepet ilang

    ReplyDelete
  25. Setauku laniege sleeping mask berry harganya berkisar 270k'an di toko store laniegenya, kalo gasalah ya kak :3 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ukuran full size memang kisaran harganya kurang lebih segitu. Yang aku bahas dalam postingan ini merupakan sample size/travel size yang isinya hanya 3 gram saja. Itu sebabnya lebih murah.

      Delete
  26. aku barusan beli juga kak..
    persis spt yg kaka bilang kalo yg palsu itu lengket banget plus mudah melt kalo dicolek..
    udh gitu baunya malah cenderung ky permen karet..bkn kaya berry..
    dan aku langsung curiga kalo itu bkn barang asli.

    harganya aku beli sekitar 24.500..
    aku ga curiga krn ditulis lg sale off..
    jadinya main asal beli aja deh..

    emg rada gampang2 susah nyari barang yg ori.sekalipun seller gede ternama jg kdng kecolongan kaya yg kakak deskripsikan..

    ReplyDelete
  27. Wah aku juga pernah kena yg palsu. Kebetulan yg asli aku beli di Singapore. Waktu balik, lip masknya udah abis. Akhirnya beli di olshop local yg reviewnya juga lumayan bagus.

    Waktu barang nyampe, feeling udah nggak enak. Tapi sempat kepikiran mungkin beda batch beda “hasil”. Waktu dibandingin sama yg asli. Beda banget. Yg paling kentara aromanya. Yg asli aroma berry lembut. Yg palsu baunya kayak permen karet, mirip penghapus jaman sd yg bau permen karet.

    Bahkan fullsizenya ada yg palsu. Padahal harganya juga mirip harga di counter. Beware guys. Kalo udah cocok sama sellernya, jangan gonta-ganti. Harga mahal belum tentu jaminan barang asli.

    ReplyDelete
  28. Halo sis. Saya pemakai lip sleeping mask ini selama bertahun2, sepertinya ada 4 tahunan. Selama itu juga pernah dapat lip sleeping mask yg palsu, kurleb 3 x. Awalny saya ga tahu krn lip sleeping mask nya aromanya sama, berry manis asem gt. Tp setelah pakai beberapa lama, bibir saya saya jadi kering smp putih2 gtu dan gatal. Padahal kl sy pakai yg asli bibir saya lembab dan lebih pink. Stlh sy teliti trnyta palsu. Jadi mmg harus hati2 sm lip mask ini sih.

    ReplyDelete
  29. sis kalau sample size yg sachet gitu ada dipalsuin juga kah?

    ReplyDelete

Back to Top