Monday, November 7, 2016

Warnaiin Rambut Kekinian Ala Mermaid Tumblr Cuman 100k (UPDATED)


Hallo guys! I'm so excited to write this post. Sebagai anak remaja(trust me i'm a 19 years old) yang besar di abad 21 dengan gadget canggih,ada istilah baru yang menggeser kata gaul yaitu kekinian. Kata kekinian ini di pakai untuk menggambarkan hal-hal yang sedang trend pada saat ini misalnya rambut kekinian. Nah rambut kekinian ini artinya gaya/warna rambut yang sedang di gandrungi anak muda sekarang kekinian. Gaya rambut kekinian ini keywordsnya galaxy hair,mermaid hair,unicorn hair,colorfull ombre dan sudah bisa ditebak kalo warna yang dipakai bukan warna-warna aman. Karena tertarik buat warnaiin rambut ala anak kekinian,akhirnya aku memutuskan untuk mewarnai rambutku ala mermaid. Setelah mencari beberapa referensi salon ternyata dimana-mana kendalanya cuman satu yaitu,MAHAL :(. Karena aku gak mau menghabiskan uang untuk satu bulan demi rambut kekinian,akhirnya aku memutuskan untuk warnaiin rambut sendiri dengan cat-cat yang ada di pasaran dengan kisaran harga di bawah IDR 10k. Kebetulan bagian ujung rambut aku sudah pernah diwarnaiin dan mulai memanjang,jadi sekalian saja di manfaatkan hehehehe. Mari kita mulai....




Bahan-bahan yang diperlukan:



1. Makarizo concept ultimax bleaching powder 4 sachet
2. Matrix cream developer 9%/30 vol 135 ml
3. Miranda hair color premium MC-11 green
4. Miranda hair color premium MC-13 rose purple
5. Miranda hair color premium MC-5 pink
6. Sarung tangan plastik
7. Wadah plastik dan pengaduk
8. Sisir semir
9. Pelindung baju
10.Shower cup

Dan yang terakhir yang paling wajib banget di persiapkan adalah.......... NIAT DAN MENTAL. Kenapa dua ini? karena ini adalah warna yang gak umum jadi persiapkan diri kalian baik-baik. Apalagi kalo lingkungan kalian belum terbiasa dengan trend kekinian satu ini. Bisa jadi spotlight nanti hahah.

Disini aku pake cat rambut merek Miranda. Kenapa Miranda? karena pilihan warna miranda itu banyak banget dan yang paling penting adalah MURAH (cuman 9k) hehehe. Sebelumnya aku juga sudah pernah pakai cat rambut dari miranda warna pink,dan hasilnya MEMUASKAN walaupun luntur ke handuk. Warnanya juga lumayan awet,bisa sampe 3 minggu lebih kalo keramas normal. Banyak orang yang gak cocok pake cat rambut miranda,karena bikin rambut kering dan rusak. Tapi pas pertama kali pake kemaren Alhamdulillah rambut aku gak kenapa-kenapa jadi yakin buat pake cat ini lagi. Warna yang aku pilih itu hijau,ungu dan pink. Karena rambut aku sudah berwarna pink ke ungu-unguan sebelumnya,kemungkinan besar warna-warna tadi gak nendang di rambut mau gak mau harus aku bleaching beberapa kali sampe warna rambut aku pirang. Untuk bleaching,aku pake bleaching bubuk dari makarizo 4 sachet dengan campuran dari matrix. Aku pilih makarizo atas rekomendasi dari teman yang sudah pernah memutihkan rambut. Untuk campurannya aku pilih yang 9%/30 vol supaya warna rambut aku yang sebelumnya lebih cepat terangkat. Untuk jumlah sachet bleaching sendiri disesuaikan sama kebutuhan. Karena aku cuman perlu di bagian ujung rambut aja dan memirangkan sedikit jadi 4 sachet aja cukup.

Nah sekarang kita akan membahas satu-satu prosesnya....

1. Bleaching rambut terlebih dahulu





Pertama-tama bleaching rambut terlebih dahulu. Setau aku,rambut yang kering bakal lebih mudah untuk di lakukan proses bleaching ketimbang rambut yang basah karena produk lebih cepat meresap kedalam rambut. Itu kenapa,aku gak keramas atau basahin rambut supaya proses bleachingnya maksimal. Aku sendiri punya teknik sendiri buat bleaching rambut. Aturannya proses bleaching itu berlangsung sekitar 30 menit baru di bilas. Tapi karena aku 4 kali bleaching dan bayangin kalo setiap kali bleaching itu 30 menit bisa makan waktu yang lama,jadi caranya gini....


  • Dalam 30 menit aku bleaching dua kali sekaligus tanpa bilas. Jadi durasi per sachet bleaching itu 15 menit setelah 15 menit jangan di bilas dulu,buat satu sachet bleaching lagi terus lapisin sama bleaching yang pertama tadi habis itu baru diemin sekitar 15 menit lagi. Setelah total dari dua sachet itu 30 menit,baru dibilas. Jadi total waktu dari 4 sachet bleaching itu kurang lebih 60 menit. Inget ya,jangan dibilas. 
Nah kira-kira seperti itu cara aku bleaching rambut kemaren. Untuk racikannya,perbandingan antara developer dan bleaching powder 3 cream developer : 1 bleaching powder. Jadi cream developernya harus lebih banyak daripada bleaching powdernya dan sampe tekstur dari bleachingnya tidak berpasir. Jadi developer 135 ml itu habis untuk 4 sachet bleaching powder. Setelah 4 kali bleaching,rambutku hasilnya seperti ini. Mirip rambutnya awkarin :p 

Hasil 4 kali bleaching

2. Memasukkan warna 



Siapkan 3 wadah plastik dan sendok plastik bersih. Jangan mencapurkan semua warna dalam satu wadah wkwkw. Untuk petunjuk pemakaian sudah ada di jelaskan di box Miranda. Di dalem box Miranda ini sudah terdapat cream coloring dan cream developer yang tinggal di campur. Ini urutan warna yang aku aplikasikan hijau,ungu,pink. Karena cara pengaplikasiannya agak ribet,jadi aku bakal uraikan disini. 

  • Warna yang pertama kali aku aplikasikan adalah hijau. Jadi warna hijau ini aku aplikasikan dari atas bagian rambut yang sudah di bleaching terus semakin ke bawah sisir warnanya. Jadi semakin kebawah warna ijonya semakin muda. Nah supaya warnanya terbaur rapi,aku baur warna hijau tadi sama rambut yang gak di bleaching. Warna hijau ini di pake 1/3 rambut yang di bleaching. 
  • Setelah selesai menghijaukan rambut,selajutnya aplikasikan warna ungu. Warna ungu ini di aplikasikan pada bagian tengah rambut yang telah di bleaching dan di baurkan dengan warna hijau tadi supaya meberikan efek gradasi. 
  • Terakhir dengan teknik yang sama,aplikasikan warna pink pada ujung rambut. 
3. Diamkan selama 30 menit*

Dalam waktu 30 menit aja sebenernya sudah cukup. Tapi waktu itu mama ngajak keluar dan kata mama kalo mau awet warnanya jangan bilas dulu,bawa jalan aja sekalian nanti pas udah pulang baru bilas. Alhasil,aku jalan pake pashmina kayak ibu-ibu pulang pengajian :(. Karena di bawa jalan-jalan jadinya bukan 30 menit tapi 1 jam lebih hahah.

4. Bilas dengan conditioner

Kalo sudah 30 menit,bilas rambut dengan air biasa. Usahakan jangan bilas dengan air hangat,karena nanti bikin rambut tambah kering. Karena rambut aku agak sedikit kusut,aku kasih conditioner supaya rambut aku gak kusut. Terakhir keringkan dan sebelum di keringkan aku kasih serum rambut dulu supaya gak rusak. 

5. Final result....

Cahaya lampu

Cahaya matahari





Nah itu dia hasil dari cat rambut ala-ala mermaid. Gimana kalian tertarik buat coba gak ?. Untuk kalian yang pengen liat prosesnya bisa tonton video aku di sini. Total waktu yang aku tempuh untuk mendapatkan rambut ini sekitar 4-5 jam. Dan aku suka sama hasilnya,walaupun menurut aku gak begitu rapi. 

So that's all about my new hair color. See you on the post beautiful people:*. 




UPDATED ALERT

Okay,mungkin dari kalian banyak yang bertanya-tanya bagaimana kabar rambut mermaid hair ini setelah beberapa lama. 


Pada minggu pertama,warna mulai memudar menjadi lebih pastel. Dalam seminggu aku bisa keramas 2-3 kali. Kendala di awal-awal adalah,warnanya sangat mudah luntur dan menempel di handuk ketika keramas. Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas,warna ungu dan pink nya menjadi satu dan tidak kelihatan perbedaannya ketika mulai memudar. Aku sendiri suka dengan hasil lunturan warna ungu dan pinknya. Karena warnanya mendekati rose gold dan sangat cantik. Tapi aku kurang suka dengan lunturan warna hijaunya. Karena warnanya menyerupai rumput kering yang kekurangan air hahaha. Pada bagian warna hijau,sudah mulai tampak perubahan warna yang agak kuning.


Pada minggu ketiga,warna rambut bleaching sedikit demi sedikit mulai terlihat. Warna hijau semakin pudar menjadi kuning,sedangkan ungu dan pink berubah menjadi lebih orange. 

Ok,untuk minggu-minggu pertama lunturan dari ketiga warna ini masih bisa ditoleransi. Mungkin untuk warna hijau kurang mantap,tapi untuk ungu dan pink aku suka banget. Sampai memasuki minggu ketiga sedikit demi sedikit warnanya menjadi sangat pudar dan membuat rambut aku seolah-olah kering dan tidak terawat. 

Bagaimana dengan kalian? apa setelah melihat perkembangannya masih ingin mewarnai rambut seperti ini? 

12 comments :

  1. omg rambutnya keren bgt, bikin mupeng. anyway ini tutorialnya seru banget, baru tau ternyata bisa bikin sendiri mermaid hair hihi


    jtanstyle.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi jennifer!

      Aww thank you 💖. Iya bisa kok bikin sendiri di fumaah heheh. Ayok buat jugaa agak rempong tapi seru loh hehehe. Thanks for reading :)

      Delete
  2. Nice post! Mau warnain rambut juga soalnya. 😊
    caaantik.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Girly!

      Ayok warnaiin rambut juga kayak gini heheh. Selamat mencoba hehe. Thanks for reading :)

      Delete
  3. busettt, waranya masuk banget di rambut. *pinginn*
    aku sempat bleach dan pakai miranda merah.. Lumayan masuk warnanya. tapi, dalam seminggu merah ku luntur kembali jadi coklat.. Nanti kasi updatenya dong bertahan berapa lama *penasaran*

    reginapit.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Regina!

      Iya aku juga gak nyangka loh warnanya bisa masuk gini heheh. Ini udah hampir seminggu aku pake dan mulai kubas :(. Tapi pasti bakal aku update disini kok hehe. Thanks for reading :)

      Delete
  4. wii bagus bisa diikutin nih tips and tricknya, jadi pengen coba juga bikin ombre gini, cuma harus siap mental bangeet

    yozora94.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ell!

      Hahah iya kalo siapin alat dan bahan mah gampang. Yang susah tuh siapin mental. Ini aja udah jadi spotlight di kampus ekwkwk. Tapi ya namanya orang indo kan,awal2 di olok2in dulu nanti 3 bulan kemudian diikutin *eh*. Thanks for reading :)

      Delete
  5. aku sempet cat rambut pakai cat rambut merk Jepang eh ternyata warnanya gak begitu keluar. terus dikasih tau sama yang lebih senior katanya kalau mau warnanya keluar harus dibleaching dulu ya? *aku awam soal ngewarnain rambut*
    eh terus itu kamu beli bleaching-nya makarizo berapa harganya? pengen beli biar next ngewarnanin rambut lebih keluar warnanya.

    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. Hii mau nanya juga beli developer matrixnya dimana ya? Soalnya nyari dimana2 gaada hehe thanks sebelumnya��

    ReplyDelete
  7. Bantu jawab,di tokopedia ada kak, saya beli harganya 100.000

    ReplyDelete
  8. Cream developer merk makarizo harganya 30rb/ 200ml aku beli, kalo bleaching powder sachet nya harga 10rb..

    ReplyDelete

Back to Top