Tuesday, June 26, 2018

Let's Talk: Suka Duka LDR (part 1)

Hai readers. Pernahkah kalian menjalani hubungan jarak jauh? atau ada yang sedang menjadi pejuang ldr? well,di postingan kali ini aku mau berbagi cerita sedikit mengenai suka dan duka menjalani ldr. Pertama kali aku menjadi pejuang ldr adalah di tahun 2015. Saat itu hubungan pertamaku hanya antara Kalimantan dan pulau Jawa saja. Hubungan itu bertahan sampai 9 bulan lamanya. Padahal mantan aku sering berkunjung ke Kalimantan dan bahkan punya rumah disini. Long short story,sekarang aku lagi menjalani ldr untuk yang kedua kalinya. Bukannya semakin dekat yang ada semakin jauh jaraknya. Kalau dulu mungkin jarak Surabaya dan Banjarmasin dapat ditempuh selama satu jam. Sekarang dari Malaysia ke Banjarmasin harus transit dulu ke Jakarta dan menempuh waktu yang lebih dari satu jam. Tapi itu satu tahun pertama saja ketika pacar aku masih kuliah di Malaysia. Sekarang dia sudah balik ke tempat tinggalnya yaitu.....SUMATERA UTARA alias MEDAN. Semakin jauh bukan. Pacar aku yang sekarang ini bisa dibilang jarang dateng ke Banjarmasin. Dalam satu tahun pun belum tentu bisa kesini. Tapi,hubungan kita bisa bertahan sampai satu tahun lebih. Oh ya,kita juga akan menjawab pertanyaan seputar ldr yang kalian kirim di instagram aku kemarin. Supaya gak jadi postingan panjang aku akan bagi dua artikelnya.




Sudah satu tahun kita menjalani ldr. Selama menjalani hubungan tentunya banyak rintangan. Di awal pacaran aku masih terbawa pola mantan yang individualis dan apatis. Jadi ya gak peduli pacar udah makan apa belum,gimana kuliahnya,ada kerjaan apa,dll. Pokoknya pola yang pacaran hanya sebatas status saja. Sedangkan pacar aku masih dalam masa pemulihan setelah disakitin mantan. Jadi secara pisikolgi dia masih mengungkapkan kemarahannya ke aku. Awal-awal pacaran topik kita gak pernah lepas dari yang namanya mantan. Apapun topiknya,pasti berakhir dengan membahas mantan. Sampai akhirnya drama pertama kita di mulai. Mantannya pacar out of nowhere buat story yang isinya foto-foto lama mereka berdua. Bukan cuman 1-2 foto aja,tapi sampai storynya jadi titik-titik karena saking banyaknya. Cemburu? hahaha jelas gak usah di tanya lagi. Akhirnya aku suruh pacar buat ngomong sama mantannya dan selesaikan masalah mereka secara gentle.



Lah emang gak takut kalau nanti ada perasaan lagi? Gak takut kalau pacar kamu di godaiin mantannya? 

Hahaha..kalo menurut aku sih itu salah satu bentuk kedewasaan. Lagian kita juga masih dalam status pacaran. Jadi gak usah seakan-akan udah memiliki sepenuhnya. Bukannya lebih enak ya kalau masing-masing dari kita gak ada masalah sama mantan. Itung-itung kalo jadi temen kan bisa jadi relasi. Siapa tau dari circle mantan kita bisa ketemu orang baru lagi yang mungkin bisa saling tolong menolong nantinya.

Reaksi aku pas mantan doi buat drama
Setelah drama itu selasai,hubungan kita berjalan seperti biasa. Long short story, setelah 3 bulan kita putus. Alasannya karena dia masih liat aku belum siap jalanin hubungan yang serius. Mau gimana,kadang aku lupa balas chat dia tapi di socmed berisik banget hahaha. Tapi walaupun 3 bulan pertama hubungan kita banyak drama,ada senengnya juga kok. Selama pacaran aku jadi punya temen cerita yang bisa kasih solusi macem-macem. Belum lagi dia yang sangat-sangat welcome untuk jadi pendengar,jadi aku seneng banget kalo cerita sama dia. Walaupun pas dia cerita aku gak serius dengerin he he he maaf babe. Kayaknya ceritanya sampai sini dulu,sekarang aku mau jawab pertanyaan yang udah kalian kirim di instagram aku. Bakal seru kalo Aldi (pacar) ikut serta buat jawab pertanyaan kalian. So kita mulai ya....

1. Gimana sih cara menghadapi godaan langsung selama ldr? 



Aldi: Kalo serius pacaran,jangan kasih perhatian yang bisa memancing orang untuk baper ke kita. Harus tau mana porsi temen dan mana yang buat flirt. Kalo memang kamu tipikal orang yang suka pacaran langsung,sebaiknya hindari ldr.
Lyla: Jawaban aku kurang lebih sama kayak Aldi. Kalo udah komitmen ya keinginan untuk aneh-aneh dibelakang pasti gak banyak.

2. Gimana caranya percaya jalanin ldr sama orang yang belum lama kenal?



Aldi: Simple aja. Jangan dibawa rempong sama pikiran.
Lyla: Hmmm....kalo menurut aku sih balik lagi ke kamunya gimana. Kalo menurut hati kamu dia orang yang worth untuk di perjuangkan yaudah gak usah memikirkan hal yang terlalu jauh. Apalagi kalo konteksnya sampe negatif. Tapi ada baiknya kamu cari tau dulu seperti apa circlenya,dari mana asalnya,siapa mutual friendsnya,dan dari situ bisa dapet informasi mengenai orang tersebut. Jadi setidaknya ada gambaran dan antisipasi kalau terjadi apa-apa.

3. Gimana caranya supaya gak negative thingking? 




Aldi: Kalo buat cowok sih,jangan selingkuh. Karena dengan kamu selingkuh akan ada adrenaline nya dan berfikir kalo lawan bicara kita melakukan hal yang sama di belakang. Disaat kamu cheating,kamu akan berfikir cewe kamu juga selingkuh di belakang padahal belum tentu. Lagian ldr itu bukan main-main,kalaupun dugaan kita bener pasti lebih banyak sakitnya yang efeknya berkepanjangan. Tapi kalo emang gak pernah cheating sama sekali,lebih baik kurangin negative thinkingnya dan bangun komunikasi yang baik sama pasangan. Bilang apa yang kamu khawatirkan dan apa penyebabnya,kalo bisa cari solusinya bersama biar kamu gak negative thinking lagi.
Lyla: Kalo dari segi pandang cewek aku harus tau dulu apa sih penyebab kamu suudzon sama pasangan. Wajar kalau pasangan kamu pernah merusak kepercayaan selama menjalani hubungan. Karena kalau aku punya negative thinking alasan aku lebih karena takut disakiti. Menurut aku,semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Daripada takut untuk disakiti,kenapa gak melindungi diri supaya tidak disakiti. Setidaknya dengan adanya perlindungan diri akan mengurangi resiko yang merugikan kita bukan. Karena setiap menjalani hubungan pasti ada naik turunnya dan gak bisa mengharap hal baik terus.

Oke 3 pertanyaan dulu yang kita jawab. Sisanya bakal aku jawab di postingan selanjutnya. Eits..tenang kok,drama ldr kita juga gak berenti sampai situ aja. Masih ada lagi dan bakal aku ceritaiin nanti. So thank you so much yang udah baca sampai sini,stay tuned!


No comments :

Post a Comment

Back to Top